Begini Mengatasi Kayu Agar Tidak Di Makan Oleh Rayap

Tahukah Anda ada pepatah yang mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati” nah pepatah ini cocok sekali dengan artikel ini. Lebih baik melakukan pencegahan sejak dini untuk menghindari masalah rayap bukan bekerja keras untuk membasminya dikala rayap sudah mulai menyerang. maka sudah seharusnya Anda juga menghubungi jasa basmi rayap

Kayu yang biasanya dimakan rayap adalah kayu lemari. Coba perhatikan lagi kayu lemari Anda. Apakah sudah aman dari serang rayap? Jadi tunggu apalagi? Jangan tunggu sampai baju dan buku buku penting Anda habis dilahap rayap ya. Lakukan cara di bawah ini agar kayu lemari Anda aman dari serangan rayap.

  1. Gunakan Kayu yang Berkualitas

Agar rayap tidak mudah menyerang, sebaiknya gunakan kayu yang berkualitas sebagai lemari, kayu yang berkualitas akan lebih kuat dan kokoh sehingga rayap tidak bisa menembusnya. 

Salah satu kayu yang kuat dan kokoh adalah kayu jati. Meski harganya cukup mahal dibanding kayu lainnya tapi kualitasnya sangat bagus bahkan tetap kokoh meski dipakai selama puluhan tahun. 

  1. Perhatikan Tata Letaknya

Kayu memang memiliki tekstur yang sangat rentan, apalagi jika kayu yang digunakan bukan kayu yang berkualitas, namun penampilannya sangat bagus dan cocok di semua ruangan. Nah, agar tidak menjadi sarang rayap, Anda harus memperhatikan tata letaknya. 

Sebaiknya jangan tempelkan lemari kayu dengan tembok karena ini sangat berisiko terkena serangan rayap. Beri sedikit ruang agar tembok dan lemari terpisah oleh jarak. 

Dan jangan lupa bagian bawahnya juga sebaiknya tidak langsung menempel pada tanah atau lantai. Anda bisa menggunakan ganjal semacam keramik atau batu agar lemari menjadi sedikit lebih tinggi dan menyisakan sedikit ruang di bagian bawahnya.

  1. Gunakan Cara Membasmi Rayap

Anda juga bisa menggunakan cara di bawah ini untuk mencegah datangnya rayap:

  • Anda bisa menggunakan oli bekas untuk mencegah datangnya rayap. Oleskan di bagian kolong bawah lemari agar rayap tidak menyerang lemari Anda. Namun jika lemari Anda masih menggunakan model berkaki empat, bisa gunakan wadah lalu isikan wadah tersebut dengan oli dan letakkan di kaki lemari.
  • Menyemprotkan air kapur sirih ke lemari. Rayap adalah hama yang tidak menyukai bau menyengat selain itu mereka juga tidak menyukai kapur sirih. Jadi, Anda bisa menyemprotkan air kapus sirih agar rayap tidak datang.
  • Menggunakan kapur barus. Anda bisa menggunakan kapur barus untuk mencegah rayap datang. Karena kapur barus memiliki bau yang sangat menyengat sehingga mereka tidak menyukainya.
  • Menggunakan kapur ajaib. Kapur ajaib tidak hanya digunakan untuk mengusir semut ternyata bisa juga untuk mengusir rayap. Agar lebih efektif Anda bisa menggabungkan antara kapur barus dan kapur ajaib. Anda juga bisa melindungi bagian perabotan Anda dengan mengelilinginya dengan kapur ajaib di lantai maupun tembok rumah Anda. jangan lupa undang jasa basmi rayap.
  1. Gunakan Cara Jebakan

Anda juga bisa menggunakan jebakan untuk mencegah datangnya rayap. Jebakan kardus ternyata cara yang cukup efektif karena dengan begini rayap akan lebih tertarik menuju kardus yang sudah disiapkan. 

Karena kardus adalah salah satu bahan yang paling disukai rayap, maka dekatkan kardus di dekat perabot kayu. Jika mereka sudah mulai berkerumun, maka itu adalah waktunya Anda membakar kardus tersebut.

  1. Gunakan Jasa Anti Rayap

Jika menggunakan semua cara di atas masih saja belum berhasil dan rayap masih datang mengganggu, Anda bisa langsung menghubungi jasa anti rayap untuk membasmi semua rayap. Ini cukup mudah dan sederhana karena Anda hanya perlu menunggu dan duduk manis saja tanpa repot melakukan apapun.

Jadi bagaimana? Anda lebih memilih menggunakan cara yang mudah atau memilih melakukan pencegahan rayap secara mandiri? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *